Google adalah segalanya. Dan mungkin data pribadi Anda juga. Dapatkah Anda bayangkan bahwa pencarian sederhana pada mesin ini akan membuang nomor telepon Anda? Yah, mereka telah menemukan bahwa berkat grup WhatsApp, asumsi ini tidak jauh dari kenyataan. Sistem undangan grup WhatsApp Privasi Anda mungkin berisiko karena Google. Atau WhatsApp. Kami jelaskan di sini.

Dia telah menjadi peneliti Jane Manchun Wong salah satu yang telah memberikan suara alarm Twitter. Teknik rekayasa baliknya sering mengungkap fitur baru jejaring sosial dan aplikasi seperti WhatsApp atau Instagram, tetapi pada kesempatan ini mereka telah menunjukkan praksis berbahaya dari aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dan itu berasal dari tangan grup WhatsApp. Atau lebih khusus lagi, dari fungsi mengirim undangan ke salah satu grup ini.

Google mengindeks semuanya

Administrator grup WhatsApp dapat mengundang pengguna lain untuk bergabung dengan membuat tautan atau tautan ke grup itu. Masalahnya adalah di mana tautan itu dibagikan. Dan, jika baru saja dipublikasikan di situs web mana pun, sistem pengindeksan atau "dokumenter" mengambilnya dan membuatnya dapat dilacak. Artinya, dalam kata-kata juru bicara WhatsApp kepada Wakil: Seperti semua konten yang dibagikan di saluran pencarian publik, pengguna WhatsApp lainnya dapat menemukan tautan undangan yang diterbitkan di Internet. Artinya, jika Anda berada di Internet, Anda dapat mencari dan menemukan.

Setelah melakukan tes, Wakil telah dapat menemukan referensi dan tautan ini ke grup pribadi di Google. Mereka bahkan dapat mengakses salah satu dari mereka dan menemukan dan mengumpulkan nomor telepon dari 48 peserta. Jangan lupa itu, begitu berada di dalam grup, Di layar informasi yang sama, Anda dapat memeriksa siapa anggota dan nomor telepon mereka. Bahkan jika Anda tidak mengenal mereka sama sekali. Di situlah letak bahaya praktik ini.

Status WhatsApp dapat dibagikan di Facebook, Foto Google dan Gmail

Selain itu, harus diperhitungkan bahwa peserta grup tidak tahu apakah administrator atau administrator telah membagikan tautan ini atau tautan undangan ke grup di halaman web mana pun. Tidak ada jenis pemberitahuan yang membuat pengguna pemberitahuan, misalnya, meninggalkan grup dan berhenti memaparkan nomor telepon mereka kepada siapa pun yang mencari referensi. ÔÇťChat.whatsapp.comÔÇŁ di Google. Namun langkah-langkah sudah diambil.

WhatsApp telah mengambil langkah maju

Meskipun pernyataan awal WhatsApp to Vice menunjukkan secara normal apa yang terjadi, peneliti Manchun Wong telah menemukan bahwa mereka telah bekerja untuk menyelesaikan masalah ini. Dalam salah satu penyelidikannya, dia telah memverifikasi bahwa WhatsApp, dan bukan Google, telah mulai menggunakan alat seperti tag "noindex" pada tautan undangan grup. Sesuatu yang akan mencegah laba-laba Google, karena sistem pengindeksan Internetnya terkenal, mengumpulkan dan membuat data ini dapat diakses. Tapi masalahnya masih ada.

Bahkan, hasil pencarian tautan ini ke grup masih ada di mesin lain yang telah menyalin data Google. Maksud saya, itu Anda dapat terus mencari di halaman seperti DuckDuckGo jenis undangan ke grup WhatsApp dan bertemu beberapa dari mereka. Jadi ini adalah langkah pertama tetapi bukan yang terakhir untuk mengakhiri masalah keamanan WhatsApp ini.

Cara melindungi diri sendiri

Grup WhatsApp masih merupakan utilitas praktis tetapi berisiko untuk privasi. Baik karena tidak bisa mengendalikan informasi yang dibagikan, atau karena tidak tahu siapa yang diundang ke pertemuan ini. Semua ini tanpa melupakan kunci utama untuk semua ini: nomor telepon kami selalu ditunjukkan ke seluruh peserta. Bahkan ketika mereka bukan kontak langsung kita.

Apa yang bisa kita lakukan Sederhana: hindari kelompok yang tidak aman, di mana kami bertemu semua anggota yang berpartisipasi. Dan tinggalkan sisanya sesegera mungkin untuk berhenti berbagi nomor telepon kami dengan senang hati dengan yang lain.

Ada opsi lain yang bahkan lebih pasti: blokir sepenuhnya sebelum grup WhatsApp. Aplikasi diizinkan, dengan langkah baru diluncurkan beberapa bulan yang lalu, untuk mencegah siapa pun menambahkan kami ke grup baru. Dengan demikian, pertama-tama kita akan diminta undangan yang bisa kita tolak jika kita tidak ingin berpartisipasi. Untuk melakukan ini, Anda harus membuka WhatsApp, tampilkan menu dari tiga titik dan akses Pengaturan. Di sini, klik Akun dan masukkan ruang Privasi. Di sinilah Anda akan menemukan submenu Grup, di mana Anda harus memilih opsi Kontak saya, kecuali … Jika Anda menandai seluruh daftar kontak, WhatsApp akan mencegah orang asing dan kenalan memasuki Anda dalam grup. Tidak sebelum memberi tahu Anda melalui pemberitahuan bahwa Anda dapat menolak jika Anda tidak tertarik atau tertarik.

Grup WhatsApp

Waspadalah terhadap grup WhatsApp

Semoga WhatsApp akan menyelesaikan masalah ini di masa mendatang. Anda telah menunjukkan minat Anda dengan bereaksi cepat dengan kunci pengindeksan Google. Namun, banyak pinggiran yang longgar tetap dalam privasi dan keamanan kelompok. Kita tidak bisa melupakan masalah besar dari fungsi ini: pelecehan.

Grup tetap a rumus untuk menghubungi seseorang yang telah memblokir kami di WhatsApp. Berikan saja nomor telepon kepada pihak ketiga (C) dan buat grup dengannya (A) dan bersama kami (B). Dengan cara ini, meskipun nomor A telah memblokir nomor B, berkat grup yang dibentuk oleh C kita dapat memiliki kontak langsung lagi. Oleh karena itu, melindungi grup dengan trik yang disebutkan di atas adalah kunci dalam memastikan privasi kami. Namun, ini adalah konsep yang agak tidak dikenal oleh sebagian besar pengguna WhatsApp, yang tidak mengkonfigurasi aspek keamanan dan privasi aplikasi ini kapan saja. Atau, setidaknya, bukan yang melindungi gambar profil. Tetapi masalahnya masih ada: kita perlu mengatur nomor telepon kita untuk menggunakan WhatsApp. Dan ini selalu menempatkan kita pada risiko.

MENERIMA NEWSLETTER KAMI

Berlangganan untuk menerima berita teknologi terbaru di kotak surat Anda. Kami akan mengirimkan Anda satu email sehari dengan ringkasan berita utama, trik, perbandingan, ulasan yang dipublikasikan di situs web kami.
Layanan yang ditawarkan oleh Mailchimp

# optinforms-form5-name-field {display: none;}

Berita lain tentang … WhatsApp